Perubahan Mesin Mio menjadi Motor race dengan Kecepatan Tinggi
26/03/2014 | No Comments
~
KABARMOTOR.COM – Membuat sedikit
perubahan pada mesin motor mio anda agar bisa menghasilkan kecepatan
yang jauh lebih maksimal. kita bisa Fokus power di putaran tengah ke
atas, tenaga tersalur tanpa banyak waktu terbuang saat start. Jangan
khawatir hilang banyak waktu akibat liarnya putaran bawah.
Selisih waktu yang hanya 0,2 detik, itu
sangat berarti, dan salah satu info yang bisa saya sampaikan adalah
dengan melakukan Kompresi yang dipatok untuk bermain di angka 12 : 1.
Hasil ini didapat dari pemakaian piston jenong milik salah satu motor
Kawasaki.
Dengan ukuran 65 mm. Bergantinya piston
tentu butuh penyesuaian di bagian kepala silinder. Sehingga diameter
klep harus diperbesar juga. Disini kita bisa menggunakan klep mobil
Toyota Camry diaplikasi menggantikan klep standar.
Ukuran klep dibuat ulang, sehingga akan
tercipta diameter payung klep 34 mm buat klep masuk dan 29 mm untuk klep
buang. Setelah itu, panjang batang klep juga disesuaikan dengan head
silinder Mio. Yaitu, 67 mm untuk klep masuk dan 66 mm untuk klep buang.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan
setelah selesai main di klep, step berikutnya Biar tidak terlalu
ekstrem, dua kali uji coba dilakukan. Maksudnya, dilakukan dua kali
pemangkasan. Buat papasan pertama, head dipapas 0,5 mm.
Setelah dilakukan pengukuran kompresi
dengan detail yang sesuai, didapat angka 11 : 1. Merasa kurang, kepala
silinder dipapas lagi 0,3 mm. “Akhirnya, ketemu juga angka kompresi 12 :
1. Oh ya, squish head dibikin jadi 13ยบ. Dan, dua kali papas ini sengaja
biar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.
Post a Comment